Real Time Software

Program-program yang memonitor, menganalisis, mengontrol kejadian dunia nyatapada saat terjadinya dalam rentang waktu yang tetap melalui jangkauan I milidetik sampai 1 menit.

Elemen dari Real Time Software:

• Komponen pengumpulan data, yang mengumpulkan dan menformatinformasi dari lingkungan ekternal.

• Komponen analisa, yang mentransformasikan informasi yang diperlukan atau aplikasi tersebut.

• Komponen kontrol/output, yang memberikan respon terhadap lingkungan eksternal.

• Komponen monitoring, yang mengkoordinasi komponen-komponen lainnya ,sehingga bisa memberikan respon yang Real Time (biasanya antara 1 milidetik/1 menit)

 

Komponen Sistem Waktu-Nyata :

  1. Perangkat keras
  2. Sistem operasi waktu-nyata
  3. Bahasa pemrograman waktu-nyata
  4. Sistem komunikasi Perangkat keras komputer

Tiga karakteristik yang membedakan antara pengembangan perangkat lunak real-time dari kerja rekayasa perangkat lunak yang lain:

  • Desain system real-time dibatasi oleh sumber daya, sumber utama dari real-time adalah waktu. Untuk tambahan, sumber daya system ysng lsin, seperti ukuran memori, dapat dipertukarkan dengan waktu untuk mencapai sasaran dari system.
  • System real-time padat, tetapi kompleks. Sebenarnya system  real-time yang memiliki persentase kode yang kecil inilah yang paling kompleks(dari suatu titik pandang algoritmik).
  • System real-time sering bekerja tanpa kehadiran pemakai manusia. Sistem real-time harus dapat mendeteksi masalah-masalah yang menyebabkan kegagalan dan secara otomatis mengatasi masalah-masalah tersebut sebelum terjadi kerusakan.

 

SISTEM REAL-TIME

Sistem resl-time memunculkan beberapa aksi sebagai respon terhadap kejadian-kejadian eksternal. Unutk melakukan fungsi tersebut , sistem melakukan akuisisi data dengan kecepatan tinggi dan kontrol dibawah batasan waktu dan reliabilitas ysng ketat.

Kinerja real-time ditentukan terutama oleh :

  1. waktu respon.

Waktu respon sistem adalah waktu dimana sebuah sistem harus mendeteksi sebuah kejadian eksternal atau internal dan merespon dengan sebuah aksi. Kejadian yang menentukan respon adalah pemrosesan informasi yang melibatkan algoritma yang kompleks.

 

  1. Laju transfer

Laju transfer data menunjukkan seberapa cepat data serial atau paralel, dan data analog dan digital harus digerakkan masuk atau keluar dari sistem.

 

PENANGANAN INTERUPSI

Karakterisitik untuk membedakan sistem reak-time dari tipe yang lain adalah penanganan interupsi. Sistem real-time harus merespon ke stimulus eksternal – interupsi- denagn waktu yang telah ditentukan oleh dunia eksternal. Karena ada banyak stimulus(interupsi) maka prioritas dan interupsi prioritas harus dibangun. Jadi, tugas yang paling penting harus dilayani dalam batasan waktu yang telah ditentukan tanpa memperhatikan kejadian yang lain.

 

 

Karakteristik Sistem Waktu Nyata

Timeliness – sistem waktu nyata merupakan fungsi dari waktu. Berkaitan dengan data transfer rate dan throughput. Terdiri antara lain dari :

  • waktu service – waktu netto yang dipergunakan  untuk merespons satu masukan yang diberikan
  • Waktu latency – interval antara waktu    kemunculan    input dengan waktu mulai diberikan   service      terhadap input tersebut.
  • Dynamic internal structure – kebanyakan sistem          waktu nyata dibutuhkan untuk memantau      lingkungan yang tergantung pada waktu. Ini mengakibatkan komponen sistem waktu nyata

harus dapat melakukan-rekonfigurasi dinamis    untuk menyesuaikan dengan kondisi ekstemal      lingkungan (yang dinamis juga). Dengan keterbatasan-:sumber (kapasitas prosesor, memori)      maka biasanya diperlukan pembentukan  dan pemusnahani komponen-komponen perangkat lunak secara: dinamis pula (otomatis)

  • Reactiveness – kondisi yang secara terus menerus       dapat berespons terhadap kejadian yang beragam   dimana urutan dan waktu kedatangannya tidak      selalu dapat diprediksi
  • Concurrency – pada setiap saat, multiple simultaneous kegiatan harus dapat dilaksanakan dalam sistem      waktu nyata. Aspek synchronous , asynchronous   ,communication, interrupt handling dan locking menjadi    bagian penting dalam menyelesaikan masalah konkurensi ini.
  • Distrbution – kondisi yang memungkinkan untuk  melakukan multiple computing sites cooperatively untuk        menyelesaikan satu fungsi yang umum

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s